membongkar rahasia teknologi tinta faber castell Grip-x dan cx pen

Kemunculan sebuah produk baru di pasaran memang selalu mengundang rasa penasaran dari para konsumen. Lebih-lebih bila produk tersebut sedang menjadi trend alias lagi booming. Namun, tahukah anda rahasia dibalik peluncuran poduk baru tersebut? Rahasia yang mungkin menjadi alasan pihak produsen hingga mereka berani melaunching produk baru untuk bersaing di pasaran. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa untuk mampu bersaing di pasaran, sebuah produk tentu harus mampu mencakup kriteria atau syarat syarat sesuai dengan yang diinginkan oleh pelanggan (atau dengan kata lain mampu menjawab keinginan masyarakat).

Nah di sini saya akan mencoba membongkar rahasia dibalik peluncuran produk pulpen terbaru dari faber castell, yaitu Grip-x dan CX pen. Yang dengar-dengar katanya kedua pulpen ini  telah dibekali dengan teknologi tinta terbaru yang lebih mutakhir dan spektakuler. Dan juga katanya pulpen ini sangat nyaman digunakan untuk menulis. Nah, seperti apakah kemutakhiran dan kespektakuleran dari kedua pulpen tersebut?, untuk menjawabnya maka di sini saya akan membeberkan rahasia di balik dibalik teknologi tinta terbaru faber castell grip-x dan CX pen

Setelah melakukan study kasus selama berhari-hari tentang pulpen terbaru dari faber castell (grip-x & cx pen). Akhirnya saya berhasil menemukan fakta-fata mengenai kedua produk pulpen tersebut. Adapun fakta-fakta tersebut antara lain:

1.      Mempunyai formula low viscocity ink
Tinta yang sedang populer  untuk printer-printer berkualitas tinggi ini memang lebih higienis. Namun penggunaan tinta ini masih terbatas pada printer-printer tertentu yang mempunyai kualitas diatas rata-rata. tetapi yang patut saya banggakan adalah faber castell telah berhasil mengaplikasikan teknologi tinta ini untuk sebuah pulpen. tinta ini telah diformulasikan khusus sehingga dapat menjadi sebuah tinta yang unik.Tinta ini tidak telalu lengket dan tidak terlalu kental, sehingga tinta ini dapat mengalir keluar dari mata pena dengan lancar dan tidak mudah menyumbat. Itulah alasan mengapa kedua produk pulpen dari faber castell ini sangat lembut dan dapat lancar digunakan untuk menulis.

2.      Formula tinta yang cepat kering
Ini adalah penemuan baru dalam sejarah pulpen ber tinta gel, sebab biasanya pulpen yang bertinta gel akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kering. Dan jika tidak sampai kering betul maka tinta ini akan mengotori kertas dan tangan karena luntur. Namun lain halnya dengan teknologi tinta terbaru dari faber  castell ini, walaupun berisi tinta gel namun tintanya ini cepat kering dan tidak mudah luntur sehingga tidak beresiko untuk mengotori tangan dan kertas. Mungkin tinta ini menggunakan pelarut khusus sehingga dapat mengendalikan sifat pengeringan dengan cepat.
3.      Formula warna tinta yang pekat
Dengan memadukan berbagai bahan pilihan yang berkualitas faber castell akhirnya nerhasil menemukan kombinasi bahan bahan yang dapat menghasilkan warna-warna pekat sehingga dapat menghasilkan tulisan-tulisan yang jelas ( mantab). Penemuan ini diwujudkan dalam 3 buah warna yang diluncurkan faber castell bersama Grip-x dan CX-pen ( yaitu merah, biru, dan hitam)

4.      Formula tinta anti air (water proof)
(busyett) ini dia yang sempat membuat saya terkejut, bisa-bisanya sih tinta pena dapat secanggih itu? Karena rasa penasaran saya yang sangat mengebu-gebu akhirnya saya mencoba untuk
mencari bebrapa referensi tentang tinta pulpen. Dan dari hasil study yang sangat melelahkan akhirnya saya pun berhasil mendapat kesimpulan bahwa, secara garis besar ada 3 penggolongan jenis pulpen, yakni:


Penggolongan berdasarkan tinta (pelarut) :
  1. Tinta berbahan dasar tinta, pelarutnya adalah pelarut organik (biasanya alkohol)
  2. Tinta berbahan dasar air (pelarutnya adalah air)
Penggolongan berdasarkan pewarna :
  1. Jenis dye (pewarna), yang bisa dilarutkan oleh pelarutnya.
  2. Jenis pigmen, yang tidak mudah larut.
Penggolongan berdasarkan mekanisme:
  1. Pulpen “marker”
  2. Pulpen “ballpoint”
 Pulpen digolongkan berdasarkan kombinasi berikut: sebagai contoh, pulpen marker pewarna berbahan dasar minyak, atau pulpen ballpoint pigmen berbahan dasar air.

Adapun karakteristik tinta dan pewarna adalah:
  • Tinta berbahan dasar air:
Toksisitas rendah. Tidak ada bau sama sekali.

  • Tinta berbahan dasar minyak:
Sangat mudah untuk mengendalikan sifat pengeringan dengan memiliih pelarut. Sebagai contoh, pulpen marker bersifat cepat kering , dan pelarut yang tidak mudah menguap digunakan untuk ballpoint agar mencegah ujung pulpen cepat mengering.
Tipe pewarna (dye)
Warna terang. Terdapat dalam berbagai warna
Tipe pigmen


Lalu bahan apakah yang digunakan sehingga tinta ini mampu tahan terhadap air? Ternyata rahasia  tersebut saya temukan pada sebuah kutipan berikut ini


"Sebagaimana pulpen jenis pewarna, pewarna itu sendiri dilarutkan dalam pelarut, sebagaimana yang telah saya sebutkan. Oleh karena pelarut untuk pulpen jenis ini adalah air atau pelarut organik (terutama alkohol), sangat sulit untuk membuat pulpen jenis pewarna yang bisa tahan air dan alkohol. Namun dalam hal pulpen tipe pigmen, sangat memungkinkan untuk membuat pulpen semacam itu dengan menggunakan pigmen, karena pigmen itu sendiri tidak larut dalam pelarut. Dalam kenyataannya, ternyata  tidak hanya mengenai pewarna tapi juga resin. Resin memainkan peranan sebagai zat adesif (perekat), yang meletakkan tinta pada permukaan yang tidak menyerap.Karena resin yang digunakan pada tinta berbahan dasar minyak bersifat mudah larut dalam minyak, maka resin pun melarut dalam alkohol. Sehingga resin tidak tahan alkohol.Ada dua jenis pupen marker berbahan dasar air; pulpen semacam itu hanya bisa digunakan untuk menulis di kertas, dan pulpen marker yang hanya bisa digunakan untuk menulis pada permukaan yang tidak menyerap seperti kertas. Namun, hanya pulpen marker yang mengandung resin. Umumnya, resin digunakan dalam tinta berbahan dasar air adalah emulsi resin berbhan dasar air. Kelebihan emulsi resin berbahan dasar air adalah resin tahan terhadap air setelah pelarut menguap dan resin memadat. Karenanya, sangat memungkinkan untuk membuat pulpen yang bisa tahan air dan alkohol, dengan menggunakan emulsi resin tahan alkohol.Pulpen ini adalah jenis pulpen dengan pigmen berbahan dasar air. Setelah tulisan kering, maka hasilnya tahan air dan alkohol. Karena membran tulisan ini sangat tipis, tulisan ini bisa saja dihilangkan bila Anda menggosok permukaan dengan air ataupun alkohol.Kita bisa mengatakan bahwa pulpen jenis ballpoint pigmen berbahan dasar air juga tahan air dan tahan alkohol, bila objek penulisan hanya kertas." sumber kutipan: chem-is-try.org

Nah, dari situlah akhirnya saya dapat menemukan pencerahan dari rasa penasaran saya.ternyata seperti itulah kira-kira formula yang digunakan, hingga faber castell mampu membuat pena dengan teknologi anti air. jika anda belum percaya juga dengan fakta ini maka nada dapat melihat video yang dibuat oleh Samuel Dazzled Lombardo berikut ini:


selain sudah dibekali dengan seabrek teknologi tinta yang sangat mutakhir, sang produsen ternyata juga menyuguhkan desain pena yang ergonomis pada Grip-x dan Cx pen. Sebagai brand produsen alat tulis yang sudah populer dan melembaga di seluruh dunia sudah sepantasnya jika faber castell memperhitungkan kenyamanan para konsumen. hal Ini diwujudkan dalam desain pena grip-x dan cx pen yang mempunyai desain yang ergonomis sehingga dapat memberikan kenyamanan exstra bagi para pengguan pena faber castell. Dan adapun desain dari pena grip-x dan cx pen adalah sebagai berikut:

GRIP-X7
1.      Mata pena berukuran 0.7 mm, sehingga mampu menghasilkan tulisan yang rapi, jelas, dan enak dibaca.
2.      Mempunyai mekanisme retractable (click) , yaitu memudahkan kita untuk mengendalikan pulpen ini jika akan digunakan untuk menulis atau untuk disimpan di kantong. Karena kita hanya perlu memencet sejenis tombol di salah satu ujungnya.
3.      Body pulpen ini berbentuk segitiga halus dan dilengkapi dengan pegangan dari karet yang terpasang di salah satu ujungnya yang ber-efek memberikan kenyamanan ekstra.




CX PEN
 
 Pen CX

1.         Mata pena berukuran 0.7 mm, sehingga mampu menghasilkan tulisan yang rapi, jelas, dan enak dibaca.
2.      Desain body dilengkapi dengan grip zone yang berfungsi untuk menjaga kenyamanan saat memegang pulpen ini dan agar tidak licin saat dipegang tangan.

Dengan berbekal seluruh fitur dan teknologi itulah maka faber castell berani untuk meluncurkan produknya di pasaran.
Nah, bagaimana pendapat anda pembaca? Ternyata sebuah pulpen sederhana saja menyimpan rahasia yang begitu panjang buakn?. Jika anda juga merasa penasaran dengan kedua produk terbaru dari faber castell tersebut, anda pun dapat mencoba mempraktekkannya sendiri. Dan untuk mendapatkan pulpen grip-x dan cx pen ini saya kira sudah cukup mudah kok. Pulpen ini sudah mulai beredar luas di pasaran ( karena produk ini sudah launching sejak akhir 2010), dan anda pun dapat membelinya di supermarket atau toko-toko alat tulis terdekat. Selamat mencobaaa……….

sumber resensi:
1. (http://www.faber-castell.co.id)
2. (http://www.chemistry.org)
3. (chem-is-try.org)
4. (buku "chemistry" ktsp SMA 2010)
5. video Samuel Dazzled Lombardo (http://www.youtube.com/watch?v=C5B1oOMCXU0&feature=youtu.be)
(disarikan dari google.com)








47 komentar:

roy mengatakan...

judulnya itu lho yg bikin saya penasaran. Sudah kyk detektif aja!

johan mengatakan...

oh, jadi begitu ya rahasianya. Ternyata rumit juga yaa..

andy mengatakan...

wah, panjang banget gan ulasannya. tapi sip kok, jadi lebih jelas. . .

daniel mengatakan...

wuih, beneran nggak tuh bisa anti air?
Saya kok masih kurang percaya..

rudy mengatakan...

wush, pake teori kimia juga ya gan.
Belajar dari mana nih?

bima mengatakan...

kok rumit amat ya formulanya. Pasti deh balpen itu mahal...

ahmad mengatakan...

faber castell emang mantabs...

indoseo mengatakan...

roy: hehehe, bisa aja kamu. saya kan hanya mencoba membuat judul yang menarik..

indoseo mengatakan...

johan: iya, saya aja juga ampek pusing cari referensinya.

satya mengatakan...

sipp, jadi pengen niih. besok beli ahh!!

bloggerindo mengatakan...

coba dulu ahh...

indoseo mengatakan...

andy: hehe, iya. thx udah berkunjung.
daniel: beneran mas. makanya dicoba dulu kalo pengen percaya..hehehe!

indoseo mengatakan...

rudy: iya donk kan udah diajarin sama pak taka!
bima: enggak kok bim, coba aja kamu tanya di "istana kado" kalo nggak salah nggak sampe 5000 kok.

rusy mengatakan...

wah kalo kena baju malah nggak bisa dicuci tuh tintanya. bahaya!

rahma mengatakan...

wah, nggak boleh ketinggalan nih. besok belii ahh.

sandynata mengatakan...

hahaha, saya udah coba gan. dan ternyata hasilnya terbukti anti air. sungguh menakjubkan.

heri mengatakan...

saddap... Manteb bener ya teknologinya.! Tapi sayang saya belum punya. Jadi ya belum sempat nyobain.

indoseo mengatakan...

rusy:
wah, bukan gitu maksudnya. Tujuan dibuatnya teknologi tinta anti air ini adalah agar tulisan2 penting di atas kertas tidak mudah rusak bila terkena air (misal: cek,giro). Tapi kalo tinta ini sampe kena baju kita tidak perlu khawatir, kan masih ada deterjen. Sebab tinta ini cuma didesain agar tahan terhadap air. Jadi kalau kita cuci pake deterjen pasti bekas noda tersebut bisa hilang. Oke?

indoseo mengatakan...

sandynata:
hehehe, bener kan apa kata gue. Teknologi tinta terbaru faber castell emang fantastis dan spektakuler.

rohman mengatakan...

wah, kayaknya saya musti beli faber castell grip-x nih. Soalnya saya sering nandatanganin dokumen dokumen penting.

indoseo mengatakan...

heri: wah, buruan nyoba. Ntar nyesel loh.
Siap-siap nanti ketagihan, hihihi.

indoseo mengatakan...

rohman: tidak salah lagi, anda memang membutuhkan pena grip-x untuk profesi anda.

seo mengatakan...

bongkar terus bro.,,!
Hhahaha, ajiibb...

indoseo mengatakan...

seo: yess man! Hhaha ajiibz.

iqball mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
ambar mengatakan...

oh, jadi ini ya produk terbarunya faber castell, Jadi pengen nyoba nih. tapi sayang, mau beli di toko sebelah belum ada yang jualan.

indoseo mengatakan...

iqb***: tolong komentarnya yang relevan yaa. soalnya ini dinilai..;-)!

indoseo mengatakan...

ambar: iya mbar.
wah kasihan, coba deh kamu cari di toko 'istana kado' yang di depan sekolahku itu lho!

ambar mengatakan...

waduh, kejauhan.
Nitip kamu aja deh, besok beliin yah!

indoseo mengatakan...

ambar: hmm, boleh. Butuh berapa?
1=pi** kanan
2=pi** kanan&kiri
3=french ki**
hhahaha. .

indoseo mengatakan...

ambar: hmm, boleh. Butuh berapa?
1=pi** kanan
2=pi** kanan&kiri
3=french ki**
hhahaha. .

syaiful mengatakan...

alamak. Ini bolpoint teknologinya canggi bener yaa....!

hanafi mengatakan...

hahaha, kayak pena ajaibnya doraemon aja.

hasian mengatakan...

sukses ya bro reviewnya!!

ambar mengatakan...

haha, dasarr kamu!!

indoseo mengatakan...

syaiful: oh, ya jelas. Siapa dulu pembuatnya, faber castell punya!!
hanafi: hehe, bisa aja kamu. Makanya ayo coba!

indoseo mengatakan...

hasian: yess,man! Thx ya udah mampir.
Ambar: hehehe,,

tito mengatakan...

ternyata banyak juga ya keunggulan dari produk tersebut.
Kayaknya bakal jadi produk best seller nih!

ahyari mengatakan...

produk faber castell emang selalu penuh inovasi.
Sallut deh,!

lady mengatakan...

ada nggak pena yang lebih canggih dari itu?

delly mengatakan...

beneran nggak sih bisa begitu?
Soalnya berdasarkan pengalaman pribadi saya, kebanyakan bolpoint yang bertinta gel itu nggak nyaman untuk menulis.

dudit mengatakan...

faber castell memang tiada tanding.

indoseo mengatakan...

tito: iya juga sih, kalau dilihat dari keunggulan-keunggulan yang ditawarkan kemungkinan besar masyarakat akan tertarik.

Ahyari: oh, ya jelas.! Kan biar nggak ngecewain pelanggan.

indoseo mengatakan...

lady: maksudnya?

Delly: justru inilah yang harus anda coba. Sebuah revolusi baru dalam sejarah tinta gel. Saya jamin setelah anda mencoba pasti anda akan berubah pendapat.

lady mengatakan...

ya, yang lebih spektakuler lagi gitu...

ikhwan ansory mengatakan...

siip, selamat berjuang ya gan!

indoseo mengatakan...

lady: waduh saya kurang tahu ya.
Mungkin agan-agan yang lain tau? Silahkan menambahkan!

Posting Komentar